Tuesday, August 27, 2013

Kelemahan Forex.com

Setelah lirik sana sini mencari broker yang saya anggap lebih bagus regulasinya dari broker yang saya gunakan sekarang. Sayapun menemukan Broker luar yang lumayan TOP,setelah cari sana sini artikelnya singkat cerita terpincutlah saya pada Gain Capital (www.forex.com) dan pelan pelan memahami sistem mereka dengan sangat hati2, walaupun ni broker kayaknya salah satu embahnya broker forex, secara domainnya aj www.forex.com. Awalnya saya menanyakan tentang SWAP, dialognya
saya : Apakah gain capital ada swapnya? 
CS : ada
Saya : Berapa persen?
CS : Beda beda pak
Saya: agak sedikit bingung, ya okelah..
pada hari selasa 27 agustus 2013 saya mencoba mendalami lagi Gain Capital, saya mencoba akun demo-nya:
Dengan simulasi yang saya samakan di akun Real Agea saya yang kebenaran profit, dengan perhitungan seperti dibawah ini
OP: 1405.40  | Closing: 1409.11 | Profit Poin :371 Poin
Lot Size : 0.1
Profit : 2.78 Dollar
Nah saya bingung dengan hasil yang muncul ini (2.78) bagaimana cara mereka menghitungnya, sedangkan profit poinnya adalah 371, kalaupun ternyata itu swap, wah potongannya dahsyat banget tu. Ahirnya saya hubungin kembali CS-nya. tapi jawabannya sungguh mengejutkan saya:
saya: pak saya nyoba akun demo di gold dengan hasil seperti ini:
OP: 1405.40  Closing: 1409.11
Lot Size : 0.1
Profit : 2.78 Dollar
Nah hitungannya itu gimana?Swapnya berapa?
CS:  swapnya tidak pasti pak, jadi tergantung dari order anda dan harga pada saat itu.
saya: jadi cara menghitungnya itu gimana kok tiba tiba muncul 2.78 dollar?
CS : mohon maaf pak tidak ada rumus perhitungannya jadi yang menentukan adalah pihak broker
saya: ???#$#%#
-----------------
-----------------
Dari dialog tersebut, saya tidak benari meneruskan. saya menyimpulakn jika mereka tidak transfaran terhadapa nasabah. Bagaimana saya mau mengelola investasi saya dengan baik, jika perhitungannya saja sudah tidak jelas??? jika kita kutip pertanyaan CS diatas yaitu "yang menentukan adalah pihak broker" jika kita artikan kata kata tersebut, profit yang diberikan ke nasabah itu tergantung broker yang memberi (suka - suka ) mereka, mau berapa. Wah kacau kalau seperti ini, yang untung bisa jadi rugi atau sebalikny yang rugi bisa dibuat untung, atau yang untung besar bisa dikasih kecil, apalagi yang kecil, gitu logikanya.
Semoga dengan adanya artikel ini Gain Capital bisa menjelaskan untuk transfaransi-nya seperti apa,kok bisa begini??atau yang sudah gabung ke gain capital bisa ikut komentar.
Saya masih penasaran, pukul 8.30 malam saya buka lagi laptop. saya berpikir ah..mungkin tu CS kurang ngerti karena secara mereka hanya IB,masak iya ni broker Legal kok nipu. jadi saya langsung kontak ke support center live di webnya langsung. ahirnya ketemu jawabannya:
Please wait for a site operator to respond.
You are now chatting with 'Charlie'
Charlie: Hello and welcome to FOREX.com Australia. May I have your User ID (Account Number) or email address to better assist you?
tahmil: tahmilm@gmail.com
Charlie: Thank you for your information, how may I assist you?
tahmil: Miss I’m tried a demo account in gold with a result like this: OP: 1405.40 Closing: 1409.11 Lot Size: 0.1 Profit: 2.78 Dollar question? where is 2.78, how to calculate? what percentage of swap?
tahmil: ping..
Charlie: You are using the TRADE platform?
tahmil: MT4
Charlie: Well the 2.78 would be included in your balance.
tahmil: calculations get 2.78??, balance 250 + 2.78
Charlie: What is your account number?
tahmil: 91184161 (Demo)
tahmil: no order: 81583138
Charlie: Thank you.
Charlie: Well .1 is 1 ounce of gold. So every time the price moves 1 cent you make or lose .01 USD. In this case you made 371 cents when you convert that into EUR which your account is based in thats 278 cents or 2.78 EUR.
tahmil: Can the account be converted into dollars?
Charlie: I can not change the currency but you can click file-> open an account->when filling out the page for a new demo you can chose for it to be in USD.
tahmil: thank you :)

Ternyata benar CS dari IB indonesia kurang paham.
Artikel ini sengaja tidak dihapus, sayang sudah ditulis dan siapa tau ada yang mendapat kasus yang sama :)
 
Mr.TM News Gold